Saturday, 20 December 2014

Software Engineering

Rekayasa perangkat lunak (software engineering) adalah suatu proses rancang bangun.
Rekayasa perangkat lunak adalah suatu disiplin yang mengintegrasikan proses/prosedur, metode dan perangkat tools untuk pembangunan perangkat lunak komputer (Pressman, 97).

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak adalah menghasilkan sebuah perangkat lunak yang berkualitas, menghasilkan perangkat lunak dengan biaya yang efisien, dan menghasilkan perangkat lunak tepat pada waktunya.

RPL mempelajari tentang analisis kebutuhan perangkat lunak, data flow diagram, penjelasan mengenai Software Requirements Spesification atau SRS, metode pengembangan sistem, sampai perancangan perangkat lunak. Materi lengkap dari matakuliah ini dapat di download melalui link berikut:
  1. Review Rekayasa Perangkat Lunak: Definisi, tujuan, tahap analisi kebutuhan perangkat lunak, analisis aliran data, diagram konteks, kamus data. [DOWNLOAD]
  2. Software Requirements Spesification (SRS):  Definisi, objektif, syarat pembentukan SRS, pembuatan SRS, contoh layout dokumen SRS. [DOWNLOAD]
  3. Data Flow Digram (DFD): Pengertian, simbol DFD, entity, aliran data, peraturan dalam DFD, level dalam DFD. [DOWNLOAD]
  4. Studi Kasus dalam RPL: Bab pendahuluan dan bab deskripsi umum perangkat lunak. [DOWNLOAD]
  5. Studi Kasus lanjutan: Bab spesifikasi kebutuhan terdiri dari kebutuhan interface eksternal dan kebutuhan fungsional. [DOWNLOAD]
  6. Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak: Komponen metodologi, model proses, siklus dan proses pengembangan perangkat lunak, kelemahan dari setiap model. [DOWNLOAD]
  7. Manajemen Proyek Perangkat Lunak: Proses manajemen proyek, satuan ukuran kualitas perangkat lunak, contoh estimasi berbasis LOC, model COCOMO II. [DOWNLOAD]
  8. Perancangan Perangkat Lunak: Prinsip dalam penyusunan modul atau objek, proses perancangan, tahapan perancangan, empat sudut pandang pemodelan, komponen pemodelan. [DOWNLOAD]
Materi diatas adalah materi yang diberikan oleh Pak Iwan. Semoga bermanfaat dan selamat membuat perangkat lunak :J

0 comments: