E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif:
- Komunikasi: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana electronik lainnya.
- Perdagangan: penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui Internet/fasilitas online lain.
- Proses Bisnis: menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi.
- Layanan: cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen
- Pembelajaran: sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas, dan organisasi lain termasuk perusahaan.
- Kolaborasi: metoda kolaborasi antar dan intra organisasi.
- Komunitas: tempat berkumpul bagi anggota suatu masyarakat untuk belajar, mencari informasi, melakukan transaksi, dan berkolaborasi.
Klasifikasi EC menurut pola interaksi/transaksi:
- B2B dan B2C
- business-to-business-to-consumer (B2B2C): perusahaan menjual produk / jasa kepada perusahaan lain yang memiliki konsumennya sendiri
- consumer-to-business (C2B): individu menjual ke perusahaan/individu, atau untuk mencari penjual atas produk atau jasa yang diperlukannya
- consumer-to-consumer (C2C):konsumen menjual (bertransaksi) langsung kepada konsumen lain
- peer-to-peer (P2P): komputer pada suatu jaringan untuk bertukar data dan proses secara langsung; dapat digunakan untuk C2C, B2B, dan B2C
- mobile commerce (m-commerce): transaksi dan aktivitas EC dilakukan dengan teknologi wireless (misal telepon selular)
- location-based commerce (l-commerce): transaksi m-commerce yang ditargetkan pada individu di lokasi dan waktu tertentu
- intrabusiness EC: kategori EC untuk aktivitas internal suatu organisasi yang melibatkan pertukaran barang, jasa, atau informasi antara berbagai bagian dan individu dalam perusahaan
- business-to-employees (B2E): model EC dimana organisasi menyediakan jasa, informasi, atau produk kepada individu karyawannya
- collaborative commerce (c-commerce): model EC dimana beberapa individu atau kelompok berkomunikasi dan berkolaborasi secara onlinee-learning: penyampaian informasi secara online untuk tujuan pelatihan dan pendidikan
- exchange (e-exchange): pasar elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual
- exchange-to-exchange (E2E): model EC dimana beberapa e-exchange berhubungan satu sama lain untuk pertukaran informasi
- e-government: model EC dimana organisasi pemerintah membeli atau menyediakan
Dimensi dari E-Commerce
Untuk materi lengkapnya bisa download di link berikut: Download Materi E-Commerce
Materi diatas adalah materi yang diberikan Pak Hamid Tharhan dosen Politeknik Negeri Jakarta. Semoga bermanfaat dan selamat ber- e-commerce :9
0 comments:
Post a Comment