Monday, 22 December 2014

E-Commerce

E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif:
  • Komunikasi: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana electronik lainnya.
  • Perdagangan: penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui Internet/fasilitas online lain.
  • Proses Bisnis: menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi.
  • Layanan: cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen
  • Pembelajaran: sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas, dan organisasi lain termasuk perusahaan.
  • Kolaborasi: metoda kolaborasi antar dan intra organisasi.
  • Komunitas: tempat berkumpul bagi anggota suatu masyarakat untuk belajar, mencari informasi, melakukan transaksi, dan berkolaborasi.

Klasifikasi EC menurut pola interaksi/transaksi:
  • B2B dan B2C
  • business-to-business-to-consumer (B2B2C): perusahaan menjual produk / jasa kepada perusahaan lain yang memiliki konsumennya sendiri
  • consumer-to-business (C2B): individu menjual ke perusahaan/individu, atau untuk mencari penjual atas produk atau jasa yang diperlukannya
  • consumer-to-consumer (C2C):konsumen menjual (bertransaksi) langsung kepada konsumen lain
  • peer-to-peer (P2P): komputer pada suatu jaringan untuk bertukar data dan proses secara langsung; dapat digunakan untuk C2C, B2B, dan B2C
  • mobile commerce (m-commerce): transaksi dan aktivitas EC dilakukan dengan teknologi wireless (misal telepon selular)
  • location-based commerce (l-commerce): transaksi m-commerce yang ditargetkan pada individu di lokasi dan waktu tertentu
  • intrabusiness EC: kategori EC untuk aktivitas internal suatu organisasi yang melibatkan pertukaran barang, jasa, atau informasi antara berbagai bagian dan individu dalam perusahaan
  • business-to-employees (B2E): model EC dimana organisasi menyediakan jasa, informasi, atau produk kepada individu karyawannya
  • collaborative commerce (c-commerce): model EC dimana beberapa individu atau kelompok berkomunikasi dan berkolaborasi secara onlinee-learning: penyampaian informasi secara online untuk tujuan pelatihan dan pendidikan
  • exchange (e-exchange): pasar elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual
  • exchange-to-exchange (E2E): model EC dimana beberapa e-exchange berhubungan satu sama lain untuk pertukaran informasi
  • e-government: model EC dimana organisasi pemerintah membeli atau menyediakan


Dimensi dari E-Commerce


Untuk materi lengkapnya bisa download di link berikut: Download Materi E-Commerce

Materi diatas adalah materi yang diberikan Pak Hamid Tharhan dosen Politeknik Negeri Jakarta. Semoga bermanfaat dan selamat ber- e-commerce :9

0 comments: